Saturday, March 15, 2014

SPESIAL: Manchester United - Liverpool Dalam Angka

Posted by Unknown on 7:31 PM

Manchester United akan dipertemukan lawan berat di ajang Liga Primer Inggris mengingat Liverpool bakal menyambangi Old Trafford di matchday ke-29, Minggu (16/3) malam WIB.

Seperti diketahui, pertemuan kedua tim memang dikenal panas lantaran United dan Liverpool sama-sama dianggap sebagai kekuatan utama di Britania Raya, dengan The Red Devils yang sukses meraih 20 gelar di kasta tertinggi dan The Reds yang tertinggal dua trofi atas rivalnya tersebut.

Adapun, duel nanti merupakan pertemuan yang ke-190 bagi kedua tim di semua kompetisi, dengan United yang berhasil menang 75 kali, kalah 63 kali dan 51 lainnya berakhir imbang.

Bagaimana dengan laga panas besok? Semua tentu punya prediksi masing-masing. Bagaimanapun, sebelum menyambut laga menarik ini, ada baiknya kita menyimak angka-angka penting yang tercatat di sepanjang sejarah pertemuan kedua kubu.

0 – Tidak ada skor imbang di liga yang tercipta dalam 13 pertemuan terakhir kedua kubu di Old Trafford sejak Maret 2000, dengan Liverpool yang sukses menang empat kali dan sembilan sisanya dimenangkan oleh tim tuan rumah.

0 – Liverpool gagal mengemas clean sheet dari 11 kunjungan terakhir mereka di liga dan kompetisi lainnya, dengan gawang mereka dibobol 20 kali oleh United.

0 – United juga gagal mencetatkan clean sheet dari 11 perjumpaan terakhir dengan Liverpool baik di kandang dan tandang.

1 – Dari 16 pertemuan liga terakhir di antara kedua kubu, hanya ada satu skor imbang yang tercipta. Hasil itu terjadi di Anfield pada Oktober 2011 ketika pertandingan itu berakhir dengan skor 1-1.

2 – Daniel Sturridge berhasil menjebol gawang lawannya itu dari dua pertemuan liga terakhir melawan Manchester United.

3 – Hanya di tiga musim Liverpool berhasil meraih kemenangan ganda baik di kandang dan tandang di era Liga Primer. (2000/01, 2001/02 dan 2008/09).

3 – Nemanja Vidic pernah mendapatkan tiga kartu merah melawan Liverpool – semuanya terjadi hanya dalam 13 bulan di dua musim. (2008/09 & 2009/10).


Nakal | Vidic sudah dikeluarkan tiga kali dari lapangan saat bersua Liverpool
3 – Dimitar Berbatov menjadi pemain United terakhir yang mampu mengemas tiga gol ke gawang Liverpool pada September 2010.

4 – The Reds hanya mampu menang empat kali di liga dari 13 kunjungan terakhir ke Old Trafford, namun mereka hanya mampu menang sekali dalam sembilan kunjungan terakhir.

4 – Liverpool sukses meraih empat kemenangan dari 21 lawatan ke Old Trafford di era Liga Primer, di mana mereka kalah 13 kali.

6 – Steven Gerrard dan Robbie Fowler menjadi pencetak gol terbanyak untuk Liverpool saat dipertemukan dengan United di Liga Primer. Masing-masing mencetak enam gol.

6 – Robin van Persie sukses mengemas enam gol dari tujuh penampilan terakhirnya di Liga Primer melawan Liverpool.

6 – Ada enam kartu merah untuk pemain Liverpool ketika bertemu United di era Liga Primer - Michael Owen, Danny Murphy, Sami Hyypia, Javier Mascherano (dua kali) dan Jonjo Shelvey.

7 – Kapten Liverpool Steven Gerrard sukses mencatatkan tujuh gol dari penalti di gelaran musim ini. Ia hanya kalah dari Jan Molby yang mengemas delapan gol di musim 1990/91.

7 – Tujuh pemain Liverpool tercatat sukses mengemas hat-trick melawan United, dengan hanya dua pemain - Peter Beardsley (1990) dan Dirk Kuyt (2011) yang mampu menorehkan prestasi itu dalam 76 tahun terakhir.

8 – Jumlah kartu merah yang dihadiahkan wasit kepada United saat melawan Liverpool di era Liga Primer.

8 – United sukses meraih delapan kemenangan dari sembilan pertemuan liga terakhir di kandang saat melawan Liverpool. (W8 D0 L1).


Rekor Bagus | United punya catatan bagus melawan Liverpool di Old Trafford dari sembilan pertemuan liga terakhir

9 – Jika Liverpool berhasil menang di pertemuan nanti, maka itu akan menjadi kekalahan United yang kesembilan di liga, atau menyamai jumlah kekalahan terbanyak mereka pada 2001/02 dan 2003/04.

14 – Jumlah gol yang dicetak oleh Van Persie di semua kompetisi pada musim ini, yang mana menjadikan namanya sebagai top skor United untuk sementara.

15 – Liverpool hanya bisa menang 15 kali di Old Trafford di liga dalam 118 tahun terakhir, atau dari 80 kunjungan.

18 – Jumlah gol yang dicetak United di kandang pada gelaran liga kali ini – hanya Tottenham Hotspur yang mencetak gol lebih sedikit ketimbang mereka jika ditilik dari tim penghuni sepuluh besar klasemen.

21 – Pemain kelahiran Liverpool, Wayne Rooney, telah bersua The Reds sebanyak 21 kali dalam kariernya, dengan ia yang hanya mampu mengemas empat gol.

22 – Jumlah gol yang tercipta dari enam pertemuan liga terakhir di Old Trafford.

23 – Liverpool sukses meraih 23 poin dari 27 yang tersedia sejak pergantian tahun - tujuh kemenangan dan dua hasil imbang.

24 – Jumlah gol yang berhasil dicetak oleh Luis Suarez sejauh ini di Liga Primer. Ia hanya butuh satu gol lagi untuk menjadi pemain ke-14 yang mampu mengemas 25 gol di sebuah musim Liga Primer.

24 – Ini adalah musim ke-24 bagi Ryan Giggs yang tengah mengincar sebuah gol agar namanya tetap abadi sebagai satu-satunya pemain yang mampu mengemas gol di tiap musimnya.

27 – Jumlah pertemuan David Moyes dengan Liverpool, di mana ia hanya mampu menang tiga kali dari 23 laga liga terakhir sebagai manajer. Di semua kompetisi, ia hanya mampu meraih lima kemenangan.

30 – Old Trafford telah menyakiskan 30 gol liga musim ini (18 dari United, 12 sisanya dari lawannya).

32 – Gerrard telah terlibat duel sebanyak 32 kali dengan United, di mana ia sukses mengemas tiga gol dari lima kunjungan liga terakhir di Old Trafford - dua dari titik putih dan tujuh secara keseluruhan.


Kapten Fantastis | Gerrard mengemas tiga gol dari lima kunjungan terakhirnya di liga melawan United

43 – Jumlah pertemuan kedua tim di era Liga Primer, yang mana hanya menghasilkan satu hasil imbang tanpa gol. Itu terjadi pada September 2005 di Anfield.

63 – Jumlah kemenangan yang berhasil dirangkum United sepanjang 161 pertemuan di liga, di mana mereka menelan 54 kekalahan dan mencatat 44 hasil imbang.

71 – Jumlah poin yang berhasil diraih United hingga pekan ke-28 pada musim lalu dengan mereka yang meraih 23 kemenangan dan dua hasil seri. Di tahapan yang sama musim ini, mereka baru mengemas 48 angka.

190 – Pertemuan ini nantinya akan menjadi duel mereka yang ke-190 di seluruh kompetisi sejak pertama kali berjumpa pada 28 April 1894, di mana United masih menggunakan nama Newton Heath.

223 – Di era Liga Primer, United sukses mengemas 223 keunggulan di babak pertama di Old Trafford, di mana mereka tidak pernah kalah dan mencatat 210 kemenangan serta 13 hasil imbang.

660 – Partai ini nantinya akan menjadi penampilan Gerrard ke-660 untuk Liverpool, ia akan sejajar dengan Ian Rush di urutan kelima soal penampilan terbanyak.

1936 – Tahun terakhir di mana seorang pemain Liverpool sukses mengemas hat-trick di Old Trafford. Kala itu yang terakhir kali melakukannya adalah Fred Howe di bulan November.

2009 – Tahun kemenangan terakhir Liverpool di Old Trafford. Saat itu, tim tamu pulang dengan skor 4-1 berkat gol-gol dari Fernando Torres, Steven Gerrard (penalti) Fabio Aurelio dan Andrea Dossena.


Terbantai | United pernah kalah telak 4-1 di kandang sendiri pada 14 Maret 2009




0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site